Ramai Diperbincangkan, Penyebab WhatsApp Down Masih Jadi Misteri!


Ramai Diperbincangkan, Penyebab WhatsApp Down Masih Jadi Misteri

Penyebab WhatsApp down pada Selasa, 25 Oktober 2022 kemarin masih menjadi misteri. Tagar WhatsApp down di Twitter bahkan trending dengan cepat. Banyak penggunanya yang mempertanyakan apa yang sebenarnya terjadi.

Banyak dari mereka yang menayangkan atas apa yang terjadi. Sebab WhatsApp sendiri saat ini sudah menjadi platform media sosial yang sangat penting dan bahkan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Tentu saja kendala yang terjadi membuat para penggunanya tidak dapat mengirim pesan dan sangat merugikan.

Apa Sebenarnya Penyebab WhatsApp Down?

Para pengguna aplikasi pesan singkat WhatsApp melaporkan gangguan di berbagai platform. WhatsApp sendiri adalah layanan pesan instan yang dikabarkan mengalami down pada Selasa, 25 Oktober 2022 lalu.
Tagar WhatsApp Eror bahkan trending 1 di Twitter. Hal itu membuktikan bahwa gangguan WhatsApp terjadi secara serentak. Adapun situs Downdetector mendeteksi bahwa aplikasi WhatsApp sudah mengalami eror sejak pukul 13.35 WIB.

Menurut laporan, setidaknya ada lebih dari 60 ribu laporan pengguna di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Hal itu tidak mengherankan karena pengguna WhatsApp di Indonesia sangatlah besar.
Tidak Bisa Mengirim Pesan selama WhatsApp down, para penggunanya tidak dapat mengirim pesan. Ketika akan mengirim pesan, maka hanya akan menghasilkan logo jam saja. Bahkan pengguna WhatsApp Web juga tidak dapat melakukan login ke akun mereka.

Keadaan itu tentu saja membuat penggunanya kebingungan. Tidak sedikit dari mereka yang mengira bahwa ada gangguan jaringan internet. Namun ternyata, server WhatsApp lah yang memang sedang mengalami eror. Kendala eror ini berlangsung sekitar 2 jam lamanya sebelum kemudian kembali normal dan dapat digunakan kembali seperti biasa.

Tanggapan Meta Terhadap Masalah yang Terjadi
Meta yang merupakan induk perusahaan WhatsApp hingga saat ini masih belum memberikan penjelasan penyebab WhatsApp down. Namun, juru bicara Meta, Joshua Brickman dalam sebuah pernyataan mengungkap bahwa pihak mereka telah menyadari masalah yang ada dalam mengirim pesan. Ia juga menambahkan bahwa pihak Meta tengah bekerja untuk memulihkan WhatsApp agar bisa digunakan kembali secepat mungkin.

Server WhatsApp yang down ini sangatlah menggemparkan jagat sosial media. Itu karena kejadian ini menjadi kali pertama WhatsApp tumbang setelah layanan tersebut mengalami down besar-besaran yang juga sempat melumpuhkan Instagram, Oculus, Facebook, dan Messenger pada tahun lalu.
Pemadaman itu bahkan memakan waktu lebih lama, yakni hampir enam jam sebelum akhirnya WhatsApp selesaikan dan dapat kembali online.

Meta yang dikenal sebagai Facebook saat itu mengatakan bahwa pemadaman yang terjadi akibat dari perubahan konfigurasi pada router. Instagram, Messenger, dan bahkan Facebook masih bisa berfungsi dengan baik kali ini, hanya WhatsApp saja yang mengalami down. Meski begitu, sebenarnya kejadian penyebab WhatsApp down memang relatif jarang. Akan tetapi, sekalinya WhatsApp error, maka akan memberikan dampak besar untuk komunikasi di seluruh dunia karena memang layanan ini memiliki jumlah pengguna lebih dari 2 miliar orang setiap bulannya.

Terjadi di Seluruh Dunia
Tidak hanya di Indonesia, WhatsApp down dirasakan oleh penggunanya yang ada di seluruh dunia. Mereka mengeluh tidak dapat mengirim, menerima pesan, atau bahkan berkomunikasi dalam grup WhatsApp.

Downdetector mendeteksi sedang bahwa terjadi masalah di WhatsApp sekitar pukul 13.55 WIB. Sejak saat itu terpantau ada puluhan ribu laporan yang masuk, sebagian besar mengeluhkan tidak dapat mengirim pesan.

Meski masalah sudah teratasi, tetapi pihak Meta memang belum memberikan alasan jelas penyebab WhatsApp down yang menyebabkan keributan di jagat media sosial.