Tidak Hanya Mesin, Memilih Ban Mobil dengan Tepat Juga Harus Diperhatikan

memilih ban mobil yang benar

Salah satu bagian penting yang ada dalam kendaraan adalah ban. Walaupun bentuknya sederhana, namun sebenarnya ban memiliki komponen yang kompleks dan memiliki fungsi masing-masing yang saling berhubungan. Dalam memilih ban mobil harus disesuaikan dengan jenis kendaraan yang Anda miliki. Untuk lebih jelasnya, simak tips memilih sebuah ban mobil dengan benar berikut ini.

Tips Memilih Ban Mobil dengan Benar

Tipe Ban Mobil

Perhatikan tipe ban mobil yang akan Anda beli. Tipe yang sesuai dengan jenis mobil Anda biasanya berupa kode yang terdapat pada plakat yang ada di pintu atau laci mobil. Beberapa kode umum tersebut memiliki arti sebagai berikut.

  • Kode P : Passenger, ditujukan untuk mobil penumpang.
  • Kode LT : Light Truck, ditujukan untuk mobil truk dengan ukuran yang sedang.
  • Kode ST : Special Trailer, ditujukan untuk mobil trailer.
  • Kode T : Temporary, ditujukan untuk ban cadangan.
  • Kode R : Radial, merupakan jenis ban yang mampu meredam guncangan.

Ukuran Ban

Pilih ukuran ban yang sesuai dengan mobil yang Anda miliki. Sangat tidak dianjurkan untuk membeli ban mobil yang ukurannya lebih kecil atau lebih besar dari ukuran normal. Karena ban yang tidak sesuai dengan ukuran velg akan menyebabkan ban tidak bisa dipasang.

Lebar Ban

Dalam memilih lebar ban juga harus diperhatikan karena lebar ban sangat mempengaruhi daya cengkram dan akselerasi mobil. Semakin lebar ban semakin kuat daya cengkramnya. Begitu juga sebaliknya, ban yang sempit memiliki daya cengkram yang lemah.

Desain atau Pola Tapak Ban Mobil

Selain lebar ban, pola tapak atau desain ban juga mempengaruhi daya cengkramnya. Selain itu, pola ban juga mempengaruhi akselerasi dan tingkat kenyamanan dalam berkendara serta berpengaruh pada kinerja traksi dan pengereman. Salah satu polanya adalah tipe alur V yang sangat baik digunakan pada wilayah yang mempunyai tingkat curah hujan tinggi. Hal ini dikarenakan pola tapak V memiliki daya cengkram aspal yang baik saat melintasi genangan, jalan yang basah dan saat berbelok.

Ketebalan Ban

Tips selanjutnya dalam memilih ban adalah memperhatikan profil ban atau ketebalannya. Ban yang tipis walaupun terlihat keren tapi memiliki beberapa kekurangan. Ban dengan ukuran 40 atau 50 akan sangat berbahaya jika melewati jalan yang jelek. Selain itu menggunakan ban tipis akan membuat velg cepat rusak. Sebaiknya pilih ketebalan ban sesuai dengan standar yang diberikan oleh produsen pabrik. Dengan demikian Anda bisa terhindar dari risiko yang ditimbulkan dengan menggunakan profil ban yang tipis.

Baca Juga  Ketahui Cara Merawat AC Mobil dengan Baik Agar Tetap Sejuk saat Berkendaraan

Setiap mobil dibuat untuk memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berkendaraan. Tidak hanya mesin, memilih ban mobil dengan tepat juga harus diperhatikan. Untuk itu perlu bagi Anda mengetahui tips memilih sebuah ban dengan benar.