Tips Menjaga Kesehatan Anak yang Harus Diketahui


Pentingnya Menjaga Kesehatan Anak

Anak usia 1 tahun akan memasuki fase paling aktif dan mulai senang bereksplorasi. Pada fase ini anak juga akan mulai mencoba hal-hal baru, termasuk sering memasukkan benda apapun ke dalam mulut. Hal ini tentu saja akan mempermudah masuknya kuman ke dalam tubuh anak, sehingga akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kesehatan anak.

Tips Menjaga Kesehatan Buah Hati

Hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk menjaga tubuh anak Anda tetap sehat antara lain.

Imunisasi

Salah satu cara melindungi anak dari virus dan bakteri adalah dengan melakukan imunisasi atau pemberian vaksin. Vaksin mengandung antigen penyebab penyakit, sehingga mampu melemahkan bahkan membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit. Pemberian vaksin pada anak membuat anak memiliki kekebalan terhadap penyakit. Pemberian imunisasi diberikan pada anak usia 12-18 bulan. Jenis imunisasi yang diberikan antara lain polio, DPT. MR, campak, hepatitis A, influenza, varisela, dan PVC.

Menjaga Pola Makan

Pada usia 1 tahun, anak akan senang mencoba hal-hal baru, termasuk mencoba jenis makanan baru. Namun, Anda tetap harus pintar-pintar memilih makanan yang dapat dikonsumsi anak Anda. pilihlah makanan yang mengandung nutrisi yang lengkap. Selain itu, hindari memilih makanan yang membuat anak Anda tersedak. Potonglah kecil-kecil makanan yang akan dikonsumsi anak. Selain itu, Anda juga harus memastikan tingkat kelembutannya. Jangan memberikan makanan dengan potongan kecil tetapi masih keras. Anda juga harus menghindari memberikan makan yang lengket, karena akan berisiko tersangkut di tenggorokan.

Olahraga

Olahraga terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Ajaklah anak Anda berolahraga bersama. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, lari-lari kecil, berenang, ataupun bersepeda.

Minum Susu

Pada masa pertumbuhan, anak sangat membutuhkan susu. Susu mengandung kalsium yang berfungsi untuk membangun tulang dan gigi agar tetap kuat. Pada anak usia di bawah 9 tahun berilah dua gelas susu setiap hari. Sedangkan pada anak usia lebih dari 9 tahun, Anda cukup memberikan satu gelas setiap hari.

Membiasakan Cuci Tangan

Mencuci tangan secara rutin dan bersih dapat menghindari kuman masuk ke tubuh, sehingga anak akan terhindar dari penyakit. Oleh karena itu, biasakanlah anak untuk rajin mencuci tangan selama 10-12 detik. Rutin mencuci tangan akan membuat anak terhindar dari penyakit diare, flu, maupun infeksi kulit.

Mengatur Jam Tidur

Tidur merupakan salah satu aktivitas penting untuk anak-anak. Mengatur pola tidur akan membantu tubuh anak menangkal penyakit, membantu tumbuh kembang, serta dapat meningkatkan daya pikir dan ingat.

Menjaga pola tidur juga terbukti dapat mengurangi risiko terserang penyakit flu pada anak. Pada usia 0-3 bulan, anak membutuhkan waktu tidur 14-17 jam, pada usai 4-11 bulan membutuhkan waktu tidur 12-15 jam, pada usia 1-2 tahun membutuhkan 11-14 jam, serta anak usai 3-5 tahun membutuhkan waktu tidur 10-13 jam. Karena pentingnya mengatur pola tidur pada anak, pastikan anak Anda tidak melewatkan jam tidur siang dan jangan tidur terlalu malam.

Anak merupakan buah hati yang paling Anda sayangi. Tentunya Anda tidak akan tega melihat anak terkena penyakit. Oleh karena itu, Anda perlu membiasakan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan anak. Pilihlah makanan yang bergizi seimbang dan menyehatkan. Selain itu, biasakanlah anak Anda untuk mencuci tangan secara rutin dan cukup tidur.

Kebiasaan olahraga juga perlu Anda terapkan untuk menjaga anak tetap sehat. Anda juga tidak boleh lupa melakukan imunisasi agar anak memiliki sistem kekebalan yang kuat.