Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Bagi Calon Ibu


Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Begitu Penting
Pregnant woman in a medical mask, green background with viruses, banner with place for text. Medical banner with copy space. Flat cartoon vector illustration

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Begitu Penting

Menjaga kesehatan janin dalam kandungan berarti juga harus menjaga kesehatan ibu hamil. Ibu hamil yang sehat baik secara fisik maupun emosional mengakibatkan janin dalam kandungan akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan saat hamil.

Tips Menjaga Kesehatan Ibu yang sedang Mengandung

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan ibu yang sedang mengandung, antara lain:

Menjaga Asupan nutrisi

Menjaga asupan nutrisi saat hamil sangat penting agar janin dalam kandungan tetap sehat. Asupan nutrisi bermanfaat agar janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu, asupan nutrisi yang terpenuhi dapat mengurangi risiko bayi yang lahir cacat.

Kebutuhan nutrisi saat Anda hamil dengan tidak hamil tentu berbeda. Saat hamil, Anda memerlukan tambahan asupan karbohidrat sebanyak 300 kalori pada 6 bulan pertama. Selain itu, ibu hamil membutuhkan asupan protein sebesar 75-100 gram per hari. Konsumsi protein bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, termasuk sel otak janin.

Kalsium yang perlu dikonsumsi saat hamil sebesar 1000 miligram. Kalsium bermanfaat untuk membangun tulang dan gigi janin. Kalsium juga membantu kerja fungsi saraf dan kontraksi otot. Nutrisi lain yang perlu dikonsumsi ibu hamil adalah asam folat. Anda perlu mengonsumsi 600-800 miligram asam folat saat hamil. Asam folat berperan untuk mengurangi risiko cacat lahir. Ibu hamil juga membutuhkan asupan zat besi yang cukup sekitar 27 miligram. Hal ini akan membantu ibu hamil terhindar dari risiko anemia.

Anda dapat memenuhi asupan nutrisi dengan mengonsumsi daging, telur, sayur-sayuran hijau, buah ataupun susu. Saat hamil hindarilah mengonsumsi telur atau daging yang mentah atau setengah matang untuk menghindari masuknya bakteri yang membahayakan ke dalam kandungan.

Memenuhi kebutuhan vitamin

Saat hamil Anda juga harus memenuhi kebutuhan vitamin tubuh. Vitamin yang dibutuhkan antara lain, vitamin A untuk kesehatan mata dan kulit, vitamin C untuk kesehatan gigi, gusi, tulang dan membantu penyerapan zat besi, vitamin B6 dan B16 untuk pembentukan sel darah merah, serta vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium.

Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin dengan mengonsumsi sayur, buah, daging, susu, ataupun biji-bijian. Biasanya dokter juga akan meresepkan vitamin yang harus Anda konsumsi setiap hari.

Tetap berolahraga

Hamil bukan menjadi alasan untuk membuat Anda malas berolahraga. Berolahraga justru sanggat bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil, seperti dapat meningkatkan daya tahan tubuh, meringankan rasa sakit atau nyeri, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi stres. Olahraga yang dapat Anda lakukan antara lain, jalan kaki, renang, yoga, pilates, dan senam kegel.

Menjaga kesehatan emosi

Pada saat hamil Anda akan mengalami perubahan hormon, hal ini akan membuat emosi cenderung tidak stabil. Kesehatan emosi yang tidak terjaga akan mengakibatkan depresi, hal ini tentunya akan berbahaya bagi janin Anda. Jagalah kesehatan emosi Anda, bila perlu berkonsultasilah dengan dokter.

Berhenti melakukan kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok perlu Anda hentikan saat hamil. Kandungan pada rokok seperti nikotin dan karbon monoksida akan diserap oleh janin. Hal ini bisa mengakibatkan keguguran, lahir prematur, atau cacat lahir.

Saat hamil Anda tentu tidak ingin hal-hal buruk terjadi pada janin Anda. Kesehatan ibu hamil sangat perlu dijaga agar janin dalam kandungan juga akan sehat. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar tetap sehat saat hamil seperti menjaga asupan nutrisi dan vitamin, mengelola stres, berolahraga, dan menghentikan kebiasaan buruk. Anda juga perlu rutin berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui kesehatan janin.