Tips Menjaga Kesehatan Keluarga yang Bisa Dilakukan oleh Seluruh Penghuni Rumah


Tips Menjaga Kesehatan Keluarga yang Bisa Dilakukan oleh Seluruh Penghuni Rumah

Menjaga Kesehatan Keluarga Penting Dilakukan

Keluarga yang sehat merupakan dambaan dari semua orang. Anda dapat mulai menjaga kesehatan keluarga dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar Anda terutama rumah. Rumah yang sehat akan membuat keluarga Anda terhindar dari berbagai penyakit seperti diare, tifus, dan demam berdarah.

Berbagai Tempat di Rumah yang Harus Anda Bersihkan

Meskipun Anda telah membersihkan rumah secara teratur, tetapi terkadang ada beberapa tempat yang luput tidak Anda bersihkan. Hal ini dapat menjadi sarang kumat dan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit. Beberapa tempat yang sering tidak dibersihkan antara lain:

Kamar tidur

Mungkin Anda sering membersihkan kamar tidur, tetapi apakah Anda telah membersihkannya secara teratur? Apakah Anda membersihkan kamar tidur dengan teliti? Kebanyakan, Anda hanya membersihkan tempat tidur dan tidak memperhatikan kebersihan karpet, seprei, atau pun mainan anak Anda. Kamar tidur yang tidak terjaga kebersihannya dapat menjadi sarang kuman, tungau, dan jamur. Menjaga kebersihan kamar tidur dapat Anda lakukan dengan mengganti seprei setiap dua Minggu, membersihkan mainan anak, serta mencuci karpet.

Dapur

Dapur merupakan tempat yang sempurna bagi pertumbuhan bakteri terutama jenis salmonella dan E.coli. Bakteri inilah yang dapat menyebabkan keluarga Anda mudah terkena diare. Spons dan talenan merupakan tempat yang tepat untuk bakteri dan kuman. Anda perlu sesering mungkin membersihkannya setelah digunakan. Selain itu, Anda dapat menggunakan cairan pembersih khusus untuk membersihkan dapur.

Kamar mandi

Kamar mandi merupakan tempat yang paling jarang untuk dibersihkan. Padahal suhu yang hangat dan lembab di kamar mandi adalah tempat yang cocok untuk bakteri berkembang biak dengan cepat. Toilet, bak mandi, dan lantai kamar mandi merupakan bagian-bagian yang perlu Anda bersihkan dengan rutin. Anda dapat menggunakan cairan pembunuh kuman saat membersihkan kamar mandi.

Pengaruh Kebersihan Rumah Terhadap Kebersihan Diri dan Makanan

Rumah yang tidak dijaga kebersihannya akan membuat virus dan bakteri berkembang dengan baik. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada kesehatan anggota keluarga. Kuman yang ada di rumah dapat menempel dengan mudah di anggota tubuh keluarga Anda, seperti tangan. Selain itu, kuman juga akan mudah masuk ke makanan yang akan Anda konsumsi. Hal inilah yang membuat kesehatan pada keluarga Anda akan terganggu. Untuk menghindari hal tersebut ada beberapa hal yang harus dilakukan, seperti:

Mencuci tangan dengan sabun

Tangan adalah bagian tubuh yang paling rentan terkena kuman. Biasakanlah mencuci tangan secara teratur . Cucilah tangan dengan air mengalir dan gunakanlah sabun.

Membersihkan permukaan dapur dan talenan

Permukaan dapur dan talenan merupakan tempat sarang bakteri dan virus. Anda harus sering membersihkan permukaan dapur dan talenan. Anda bisa menggunakan sabun dan air hangat untuk membersihkannya.

Mencuci buah dan sayur

Biasakan mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi untuk membersihkan sisa kotoran dan kuman yang masih menempel. Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus.

Memisahkan makanan mentah dan matang

Pisahkanlah makanan matang dan mentah untuk menghindari kontaminasi kuman. Jangan menaruh makanan matang pada piring bekas makanan mentah.

Kesehatan keluarga dapat dijaga dengan mewujudkan rumah yang bersih dan sehat. Rumah yang bersih, memungkinkan bakteri dan virus tidak akan mudah berkembang, sehingga keluarga Anda tidak mudah terserang penyakit. Biasakanlah membersihkan perabot-perabot dan bagian-bagian rumah Anda dengan teratur dan menyeluruh. Bila perlu Anda bisa menggunakan cairan pembersih kuman untuk menjadikan rumah Anda tetap bersih dan sehat.